Cara Mengatur Harga Bertingkat

Pengaturan Harga Bertingkat Pada Halaman Admin [2:44]

Buka browser kita, dan kita pergi menuju www.larispos.com. Pilih halaman Sign In, dan kita masuk menggunakan akun kita.

Di halaman Admin, pertama kita klik Pengaturan Produk. Kemudian klik Tingkat Harga. Dapat kita lihat disini bahwa sistem sudah membuatkan tingkat Harga 1 dengan nama Order_Online. Kita ingin mengubah nama Order_Online menjadi Harga_Take_Away.

Klik tombol Ubah Nama. Masukkan nama baru Harga_Take_Away, dan tekan tombol Simpan.

Kemudian kita hendak menambahkan tingkat harga baru. Tekan tombol Tambah. Masukkan nama Harga_Ojol, dan tekan tombol Simpan.

Sekarang kita sudah memiliki 2 tingkat harga. Sistem pada aplikasi Laris Pos memungkinkan kita untuk memiliki paling banyak 5 tingkat harga. Namun untuk contoh disini kita hanya menggunakan 2 tingkat saja ya.

Untuk memasukkan harga menu pada tingkat harga, kita dapat mengklik ke nama tingkat harganya. Pertama kita klik dahulu Harga_Take_Away. Disini sistem akan memperlihatkan seluruh menu yang ada di akun kita dan harga normal atau harga defaultnya. Kita atur ulang seluruh harga menu agar menjadi lebih mahal Rp. 1.000 dari harga normal.

Setelah semuanya selesai, kita tekan tombol Simpan Harga.

Kemudian kita klik nama Harga_Ojol. Berhubung perbedaan harga di Harga_Ojol ini berbeda-beda, maka kita perlu melihat kembali ke worksheet kita tadi untuk memasukkan harga ojol. Ada yang lebih murah Rp. 2.000, ada yang lebih murah Rp. 1.000, ada yang hanya lebih murah Rp. 500 dan ada juga yang lebih mahal.

Tekan tombol Simpan Harga. Selanjutnya kita kembali ke Navigasi Halaman Admin, klik Kelola Toko dan Jenis Transaksi. Disini kita bisa melihat bahwa sistem sudah menyediakan 4 jenis transaksi, yaitu GoFood, GrabFood, Dine In dan Take Away. Namun semuanya masih menggunakan tingkat harga default. Untuk mengubah tingkat harganya, kita bisa mengklik ke nama transaksi, misalnya kita klik GoFood dan mengubah tingkat harga menjadi Harga_Ojol, dan tekan tombol Simpan. Ulangi proses ini untuk GrabFood.

Untuk jenis transaksi Take Away, kita menggunakan tingkat harga Take Away.

Dengan pengaturan seperti ini, maka kita memiliki 4 jenis transaksi, yang menggunakan 3 tingkat harga, dimana harga GoFood dan GrabFood adalah sama yaitu tingkat harga Ojol. Apabila Anda memerlukan harga yang berbeda untuk GoFood dan GrabFood, maka Anda bisa mengulangi proses pengaturan tingkat harga untuk menambahkan tingkat harga GoFood atau tingkat harga GrabFood.

Sebagai contoh lain, apabila harga GoFood dan GrabFood di restoran Anda adalah sama, Anda juga dapat menggunakan cara pengaturan lain sehingga hanya ada 3 jenis transaksi saja. Sebagai contoh, kita mengklik checkbox di sebelah kiri GoFood, dan kemudian klik tombol Ubah Status dan Hapus.

Kemudian klik ke nama GrabFood dan kita ubah namanya menjadi Ojol. Tekan tombol Simpan.

Dengan pengaturan ini maka kita hanya memiliki 3 jenis transaksi yaitu Ojol, Dine-In dan Take Away. Pengaturan seperti ini lebih sederhana dan lebih memudahkan kasir dalam memasukkan data. Namun kelemahannya adalah kita sudah tidak bisa membedakan lagi yang mana transaksi Go Food dan yang mana transaksi Grab Food. Karena kedua jenis transaksi sudah tercampur menjadi jenis transaksi Ojol.

Saya akan mengubah kembali pengaturan Jenis Transaksi untuk kembali ke 4 jenis transaksi seperti sebelumnya.

Hal terakhir yang perlu kita atur adalah jenis transaksi default. Untuk itu kita kembali ke navigasi halaman admin, klik ke Kelola Toko, klik Pengaturan Toko. Kemudian klik tombol Pengaturan.

Di bagian paling atas kita bisa menentukan jenis transaksi default. Ganti Jenis Transaksi menjadi Dine In. Kemudian tekan tombol Simpan. Jadi nantinya setiap kali kita membuat transaksi baru, sistem akan secara default menganggap jenis transaksi tersebut adalah Dine In dan menggunakan harga normal.

Kita sudah selesai mengatur Tingkat Harga pada Halaman Admin. Selanjutnya kita akan mencoba hasil pengaturan kita di aplikasi kasir restoran Laris Pos

Mencoba Transaksi Harga Bertingkat Pada Aplikasi Laris Pos [8:51]

Sekarang kita akan masuk ke aplikasi Laris Pos dengan menggunakan ID kita. Untuk starting cashnya kita skip saja. Bagi yang ingin tahu mengenai starting cash bisa melihat panduan kami yang berjudul “Cara Mendaftar dan Set Up Produk pada Aplikasi Kasir Restoran Laris Pos”. Di video ini kita akan langsung menekan tombol “Start”.

Aplikasi sudah melakukan sinkronisasi dengan server. Kita bisa klik Detail untuk melihat apa saja yang di-update oleh sistem. Data harga bertingkat yang tadi kita masukkan melalui halaman admin telah disinkronisasikan dengan aplikasi Laris Pos.

Disini dapat kita lihat bahwa bill baru yang secara otomatis dibuatkan oleh sistem memiliki jenis transaksi Dine In.

Kita klik ke kategori Paket. Dapat kita lihat disini bahwa harga nasi ayam bakar, nasi ayam goreng, dan nasi ayam keremes menggunakan harga default yaitu Rp. 25.000.

Kita coba melakukan transaksi memesan 2 Nasi Ayam Bakar. Kemudian kita pesan Minuman Es Teh Manis dan Kelapa Muda.

Tekan tombol Pay. Kita melakukan pembayaran dengan membayar sebesar Rp. 90.000. Tekan tombol Simpan. Dan kemudian Save.

Transaksi pertama sudah masuk. Kita tekan tombol Close.

Selanjutnya kita akan membuat transaksi baru dengan jenis transaksi Take-Away. Kita klik ke tombol yang bertulisan Dine-In. Kemudian klik Trans Type. Disini bisa kita lihat jenis-jenis transaksi yang telah kita atur pada Halaman Admin, yaitu Dine In, Take Away, GoFood dan GrabFood. Klik ke tombol Take Away dan tekan Save.

Klik ke Kategori Paket. Disini kita bisa melihat bahwa nasi ayam bakar, nasi ayam goreng, dan nasi ayam keremes sudah menggunakan harga Take Away, yaitu Rp. 26.000.

Kita coba melakukan transaksi yang sama, yaitu 2 Nasi Ayam Bakar. Dan pesan minuman Es Teh Manis dan Kelapa Muda.

Kemudian kita tekan tombol Pay dan membayar dengan uang sebesar Rp. 100.000,-.

Kita ulangi lagi transaksi ini. Klik ke tombol Dine-In, dan pilih Trans Type GoFood.

Klik ke Kategori Paket. Kita bisa lihat bahwa nasi ayam bakar, nasi ayam goreng, dan nasi ayam keremes menggunakan harga Ojol, yaitu Rp. 23.000. Kita pesan 2 Nasi Ayam Bakar.

Yang menariknya disini, kita dapat melihat di sebelah kiri layar sudah terdapat bill 2 buah Nasi Ayam Bakar dengan harga @23.000 dengan subtotal Rp. 46.000 yang menggunakan tingkat harga Ojol. Dan apabila kita ingin mengganti jenis transaksinya, misalnya kita coba ganti menjadi Take-Away.

Kita lihat lagi di layar bahwa aplikasi sudah mengubah harga menjadi harga Take-Away. Dibagian kiri bisa kita lihat pesanan Nasi Ayam Bakar berubah menjadi harga @26.000 dengan subtotal Rp. 52.000. Sedangkan di kanan bisa kita lihat bahwa harga Nasi Ayam Bakar, Nasi Ayam Goreng dan Nasi Ayam Keremes sudah berubah menjadi Rp. 26.000.

Kita klik ke tombol Take-Away, dan ubah Trans Type kembali menjadi GoFood. Sistem mengubah harga kembali menjadi harga ojol.

Kita lanjutkan ke pemesanan minuman Es Teh Manis dan Kelapa Muda.

Lalu kita tekan tombol Pay untuk membayar dengan uang kas 90.000. Tekan Save. Lalu Close.

Sekarang kita telah membuat 3 buah transaksi yang memesan menu yang sama, namun jenis transaksinya adalah Dine-In, Take-Away dan GoFood, dengan harga yang berbeda-beda. Kita klik ke tombol menu pada aplikasi, dan klik Stop Work Date. Kemudian klik tombol Stop.

Kembali Ke Halaman Tutorial