Cara Menggunakan Fitur Promo Diskon

Buka browser kita, dan kita pergi menuju www.larispos.com. Pilih halaman Sign In, dan kita masuk menggunakan akun kita.

Di halaman Admin, pertama kita klik Pengaturan Produk. Kemudian klik Promo. Disini kita bisa melihat daftar promo yang sudah pernah kita masukan ke sistem. Masih kosong ya, karena kita belum pernah memasukkan promo.

Kita coba membuat promo pertama, dengan cara menekan tombol Tambah.

Kita coba diskon yang sederhana dahulu yaitu diskon 10% untuk seluruh menu. Kita beli nama Diskon 10 Semua.

Untuk tipe promo, kita bisa lihat ada 3 buah pilihan, yang pertama adalah diskon untuk semua produk. Kemudian pilihan kedua adalah diskon hanya untuk kategori atau produk tertentu saja. Dan yang terakhir adalah diskon untuk beli satu produk dan bisa mendapatkan produk lainnya. Untuk contoh pertama kita pilih semua produk.

Kemudian kita juga bisa mengatur agar promo diskon ini hanya bisa berlaku untuk tipe transaksi tertentu saja. Kalau kita klik di tipe transaksi, maka kita akan melihat semua jenis transaksi yang telah kita atur pada tutorial sebelumnya. Untuk contoh disini kita pilih Dine-In. Jadi diskon 10% ini hanya berlaku untuk jenis transaksi Dine-In atau makan di tempat.

Selanjutnya kita bisa mengatur agar promo diskon ini hanya berlaku untuk tipe member tertentu saja. Namun karena di akun ini kita masih belum melakukan pengaturan member, jadi disini hanya ada pilihan tipe member Umum saja.

Bagi akun yang memiliki beberapa toko dalam satu akun, kita juga bisa mengatur agar promo ini hanya berlaku untuk toko tertentu saja.

Dan selanjutnya dibawah ini kita bisa melihat opsi-opsi lain untuk promo, misalkan kita bisa mengatur agar nilai pajak dan servisnya berbeda, yang akan kita gunakan untuk contoh promo berikutnya.

Kemudian apabila kita mencentang tetapkan sebagai promo default, maka jenis promo ini akan secara otomatis terpilih setiap kali kasir membuat transaksi baru.

Dibawahnya lagi kita bisa mengatur agar promo ini hanya berlaku dari tanggal hingga tanggal tertentu. Kita juga bisa memilih agar hanya bisa berlaku di jam tertentu, atau bahkan di hari tertentu, atau pembayaran dengan cara tertentu. Namun untuk contoh disini kita biarkan saja promo ini berlaku untuk semua waktu dan semua jenis pembayaran.

Disebelah kanan kita bisa mengatur untuk diskon yang kita berikan, apakah secara persentase ataupun memberikan nilai tertentu. Di contoh ini kita akan membuat diskon 10%, dengan minimum pembelian 100.000.

Setelah semuanya kita atur, makan kita tekan tombol Simpan.

Kemudian kita membuat contoh promo kedua yaitu Bebas Pajak. Kita tekan lagi tombol Tambah. Beri nama Bebas Pajak. Kemudian kita hapus centang pada Pajak dan Servis dan biarkan nilainya 0. Tekan tombol Simpan.

Selanjutnya kita membuat contoh promo ketiga yaitu Diskon 20 Makanan. Di dalam promo ini kita memberikan diskon lebih besar dari pada promo pertama, yaitu sebesar 20%, namun promo hanya berlaku untuk makanan saja. Pertama kita beri dulu nama promo ini Diskon 20 Makanan.

Kemudian kita ubah tipe promo menjadi Kategori/Produk tertentu. Pada data sample yang telah kita atur dari tutorial sebelumnya, kita memiliki 2 kategori makanan yaitu Paket dan A La Carte. Jadi kita mesti menambahkan kedua kategori ini ke dalam promo.

Di sebelah kanan, kita pilih Kategori Paket dan kita atur diskon menjadi 20% dan tekan tombol Tambah. Lalu kita pilih lagi Kategori A La Carte dan beri diskon menjadi 20%. Di dalam contoh ini kebetulan kita ingin mengatur agar diskon kedua kategori makanan adalah sama 20%. Apabila Anda ingin nilai diskonnya berbeda, Anda bisa memberikan nilai lain per kategorinya. Tekan tombol Tambah. Sekarang kategori Paket dan A La Carte telah masuk ke dalam daftar diskon.

Kemudian dibagian bawah kita bisa memberikan pengecualian diskon untuk produk-produk tertentu, apabila dibutuhkan. Anda bisa memilih kategori produknya dan kemudian memilih nama produknya dan menekan tombol Tambah. Namun untuk contoh disini kita tidak menambahkan pengecualian. Jadi kita lanjut dan tekan tombol Simpan.

Untuk contoh promo keempat kita membuat promo buy 1 get 1 untuk kategori Paket. Kita tekan tombol Tambah, dan beri nama Buy 1 Get 1. Tipe promo adalah Beli dan Dapatkan.

Kita atur di sebelah kanan untuk Kategori (beli) menjadi Paket, dan produknya adalah semuanya atau All dan jumlahnya 1. Pada bagian Dapat, kita pilih Kategori (dapat) Paket, produk semuanya dan jumlahnya juga 1. Untuk diskon kita biarkan kosong dan pilih Gratis. Tekan tombol Tambah. Kemudian kita tekan tombol Simpan.

Dan untuk contoh promo terakhir kita membuat promo apabila membeli menu Paket maka kita akan memberikan diskon untuk minuman. Tekan tombol Tambah. Beri nama Beli Paket Diskon Minuman.

Tipe Promo adalah Beli dan Dapatkan. Kemudian di sebelah kanan kita atur untuk Kategori (beli) Paket, Produk semua, dan jumlah 1. Kemudian akan mendapatkan Kategori Minuman, Produk Semua, Jumlah 1 dan Diskonnya adalah 50%. Tekan tombol Tambah. Dan kemudian tekan tombol Simpan.

Sekarang kita sudah mengatur contoh promo sebanyak 5 buah. Kita akan mencoba hasil pengaturan kita pada aplikasi Laris Pos.

Mencoba Promo Diskon Pada Aplikasi Laris Pos [8:55]

Sekarang kita akan masuk ke aplikasi Laris Pos dengan menggunakan ID kita. Untuk starting cashnya kita skip saja. Bagi yang ingin tahu mengenai starting cash bisa melihat panduan kami yang berjudul “Cara Mendaftar dan Set Up Produk pada Aplikasi Kasir Restoran Laris Pos”. Di video ini kita akan langsung menekan tombol “Start”.

Aplikasi sudah melakukan sinkronisasi dengan server. Kita bisa klik Detail untuk melihat apa saja yang di-update oleh sistem. Disini kita bisa melihat bahwa sistem sudah meng-update 5 jenis promo.

Kita akan coba promo pertama yang kita buat tadi, yaitu promo Diskon 10 Semua yang akan memberikan diskon sebesar 10% untuk nota yang nilainya diatas Rp. 100.000 dan jenis transaksi Dine-In. Pertama kita coba tambahkan dulu dua buah Nasi Ayam Bakar ke dalam bill. Kemudian kita pilih jenis promo yang hendak kita gunakan dengan cara menekan tombol Promo yang berada di bagian bawah Bill. Kita pilih promo Diskon 10 Semua, dan tekan tombol Select.

Kemudian kita tekan tombol anak panah dibagian bawah Bill untuk melihat detil dari biaya lain seperti pajak dan servis. Disini kita lihat masih belum ada diskon ya, karena nilai sub totalnya masih dibawah Rp. 100.000,-. Kemudian kita tambahkan menu lain seperti Nasi Ayam Goreng sebanyak 2 buah. Nah, begitu nilai sub total mencapai Rp. 100.000,- secara otomatis sistem akan memberikan diskon sebesar 10%.

Promo ini hanya berlaku untuk jenis transaksi Dine-In. Kita coba mengubah jenis transaksi menjadi Take Away. Tekan tombol yang bertulisan Dine-In pada bagian atas Bill. Kemudian kita ubah jenis transaksi menjadi Take Away dan Simpan. Dapat kita lihat bahwa sistem sudah mengupdate bill, berhubung kita di tutorial sebelumnya sudah mengatur harga bertingkat, maka sistem secara otomatis menggunakan harga Take-Away yang lebih mahal Rp. 1.000 per menu. Dapat kita lihat disini bahwa walaupun sub total sudah diatas Rp. 100.000 namun sistem sudah tidak memberikan diskon lagi. Karena promo hanya berlaku untuk jenis transaksi Dine-In.

Dan apabila kita coba untuk menekan tombol Promo, kita sudah tidak menemukan lagi jenis promo Diskon 10 Semua. Karena jenis promo Diskon 10 Semua hanya berlaku untuk jenis transaksi Dine-In dan tidak berlaku untuk jenis transaksi lainnya.

Sekarang kita ubah lagi jenis transaksi menjadi Dine-In. Namun tetap masih belum ada diskon ya, karena promo yang kita pilih sebelumnya sudah tidak terpilih lagi. Sekarang kita atur kembali promo untuk transaksi ini menggunakan jenis promo Diskon 10. Dan sistem pun kembali memberikan diskon 10%. Kita tekan tombol Pay untuk membayar dengan uang kas sebesar Rp. 110.000.

Pembayaran sudah sukses. Kita tutup transaksi ini dan membuat transaksi lain untuk jenis promo kedua, yaitu Bebas Pajak, dimana transaksi akan dibebaskan dari biaya pajak dan service charge.

Kita coba pesan Nasi Ayam Bakar dan Nasi Ayam Goreng. Kemudian pesan minuman Es Teh Manis dan Es Teh Tawar. Kita bisa melihat di bill bahwa sistem sudah menambahkan biaya service charge dan pajak. Kita pilih jenis promo Bebas Pajak untuk transaksi ini. Dan sekarang kita bisa melihat bahwa sistem sudah menghilangkan biaya service charge dan pajak dari bill. Promo tetap berlaku untuk semua jenis transaksi ya, jadi walaupun kita mengubah jenis transaksi menjadi Take-Away, transaksi tetap tidak terkena biaya pajak dan service charge.

Kita bayar transaksi ini dengan menggunakan uang kas sebesar Rp. 70.000,-. Ok, transaksi sudah sukses. Selanjutnya kita akan mencoba jenis promo ketiga yaitu diskon 20% yang hanya berlaku untuk makanan.

Kita tambahkan beberapa menu ke dalam Bill, Nasi Ayam Bakar, Nasi Ayam Goreng, Teh Manis, Kelapa Muda. Kita lihat bill semuanya harga normal, tetap terkena service charge dan pajak. Sekarang kita pilih jenis promo Diskon 20 Makanan. Kita lihat lagi pada bill, semua makanan sudah mendapatkan diskon sebesar 20%, sedangkan semua minuman tetap di harga normal. Transaksi ini tetap terkena biaya service charge dan pajak. Jadi hasilnya sesuai ya dengan promo yang kita atur di halaman admin tadi.

Kita lakukan pembayaran. Transaksi sukses. Kita buat transaksi baru untuk tes promo keempat yaitu buy 1 get 1 Paket.

Kita coba tambahkan menu Nasi Ayam Bakar dan Nasi Ayam Goreng. Kemudian kita pilih promo Buy 1 Get 1. Bisa kita lihat di bill bahwa salah satu menu berubah menjadi diskon 100% alias gratis. Kemudian kita tambahkan menu baru Nasi Pecel. Bill pun dihitung ulang dan sekarang yang gratis berubah menjadi menu yang paling murah.

Kita tambahkan satu menu makanan lagi dan sistem akan memilih 2 menu paket yang paling murah untuk mendapatkan diskon 100%. Jadi disini kita bisa melihat bahwa aplikasi Laris Pos sudah bisa secara langsung memilihkan menu mana yang mesti dibayar dan menu mana yang menjadi gratis berdasarkan harganya.

Kita coba tambahkan 4 minuman ke bill. Dan keempat minuman tersebut tidak mendapatkan promo, karena promo ini hanya untuk kategori Paket saja. Kita lakukan pembayaran dan kita akan mencoba promo kelima, yaitu Beli Paket Diskon Minuman.

Sekarang kita buat transaksi baru, dan tambahkan 4 jenis minuman Teh Manis, Es Teh Manis, Es Teh Tawar, dan Kelapa Muda. Kita pilih jenis promo Beli Paket Diskon Minuman.

Dapat kita lihat pada bill, masih belum ada perubahan promo sama sekali. Karena untuk mendapatkan promo, kita mesti membeli paket. Kita tambahkan satu paket Nasi Ayam Bakar.

Sistem akan memilih salah satu minuman dengan harga paling murah untuk mendapatkan diskon 50%.

Kita tambahkan lagi satu paket Nasi Ayam Goreng. Dan bisa kita lihat lagi, ada satu minuman lagi yang mendapatkan diskon 50%. Dan begitu juga selanjutnya kalau kita menambahkan menu Paket baru.

Oke, kelima promo sudah sesuai dengan yang kita rancang pada halaman Admin tadi. Kita lakukan pembayaran untuk transaksi ini.

Pilih menu dan Stop Work Date. Kemudian klik tombol Stop. Kita sudah tidak bisa menambahkan transaksi untuk hari ini. Sekarang kita kembali ke Halaman Admin untuk melihat laporan.

Melihat Laporan Promo Diskon Pada Halaman Admin [17:25]

Kita kembali ke halaman Admin. Dan pertama kita lihat ke Laporan Rangkuman dulu ya.

Disini kita bisa melihat sudah ada 5 transaksi sukses dan sudah ada nilai di bagian diskon nota. Diskon nota adalah diskon keseluruhan pada bill, yang terjadi di jenis promo Diskon 10 Semua, dimana pelanggan mendapatkan diskon 10% dari nilai sub total bill apabila belanja lebih dari Rp. 100.000,-.

Kemudian dibawahnya lagi ada bagian Analisa Promo. Disini kita bisa melihat jenis promo apa saja yang digunakan pada hari ini, dan berapa nilai diskon yang diberikan oleh promo tersebut.

Kita lihat ke Laporan Penjualan. Disini kita bisa melihat semua transaksi yang telah kita lakukan pada hari ini, dan jenis promo yang digunakan. Di sebelah kanan kita bisa melihat bahwa pada jenis promo Diskon 10 Semua, sistem menuliskan nilai diskon pada diskon nota. Sedangkan jenis promo bebas pajak, tidak ada diskon sama sekali, dan nilai pajak dan servisnya berubah menjadi 0. Dan di ketiga jenis promo berikutnya memberikan nilai diskon pada diskon produk.

Kemudian kita lihat ke Laporan Penjualan Produk. Disini kita bisa melihat produk-produk apa saja yang terjual pada hari ini, nilai jual produk, dan nilai diskon yang diberikan untuk produk tersebut.

Laporan terakhir yang akan kita lihat pada hari ini adalah Laporan Promo.

Pada laporan ini kita bisa melihat semua jenis promo yang sudah kita tambahkan ke halaman admin, serta jumlah pemakaian promo tersebut per hari. Pada bagian paling atas laporan adalah tanpa promo, yang akan diisikan dengan transaksi yang tidak menggunakan promo sama sekali. Kebetulan video ini dibuat pada tanggal 16, jadi untuk laporan promo disini hanya ada isinya di tanggal 16. Untuk tanggal-tanggal sebelumnya hanya ada transaksi tanpa promo.

Disini kita bisa melihat berapa jumlah transaksi yang menggunakan jenis promo yang bersangkutan, berapa nilai diskon yang diberikan oleh promo tersebut, dan berapa nilai total yang dibayar oleh pelanggan.

Kembali Ke Halaman Tutorial