Cara Mengubah Cetakan Struk Agar Lebih Menarik

Buka browser, pertama kita ke Larispos.Com dan sign in menggunakan ID kita. Kita klik Kelola Toko, Pengaturan Toko, dan bagian Nota. Pertama kita pilih file dahulu untuk logo kita. Gambar logo yang diterima sistem hanya format jpeg dan png, ukuran file dibawah 500kb, dan dimensi maksimumnya 400 pixel. Kita pilih gambarnya dan tekan tombol Simpan.

Kemudian kita ubah Tampilkan Logo di Nota menjadi Ya. Disini akan kelihatan previewnya. Logo yang saya upload tadi bentuknya seperti ini, dan di previewnya ada sedikit stretch, namun tidak masalah ya, karena nantinya di printer juga akan kembali ke bentuk semula.

Dan kemudian kita bisa mengganti lagi opsi-opsi lain. Apabila kita ingin menampilkan nomor pesanan di bagian atas. Dan disini ada 3 baris yang bisa kita isi dengan apapun yang kita inginkan, misalkan kita ingin menuliskan nama toko kita, alamat kita, nomor telepon, whatsapp, facebook, instagram, dan lain-lain, bisa kita taruh disini.

Dan kemudian dari notanya sendiri ada jenis sederhana dan jenis detil. Pada jenis detil setiap menunya akan dituliskan dalam 2 baris, dimana baris kedua akan menyebutkan jumlah quantity dan harga satuan, kemudian di kanannya ada nilai totalnya. Kemudian kita bisa mengubah apakah ingin menampilkan persentase pajak atau tidak. Bisa kita lihat disini bahwa sepuluh persennya hilang. Dan kita juga bisa mengubah kata-katanya misalnya mengubah PB1 menjadi Pajak. Hal yang sama bisa dilakukan di Service Charge. Dan dibawahnya bisa kita atur lagi apakah ingin menampilkan nomor nota lagi atau tidak. Kalau misalnya ingin diatas saja cukup, di bawah tidak usah lagi. Dan disini ada peringatan ini adalah info penagihan, bukan bukti bayar, ingin ditampilkan atau tidak.

Dan terakhir dibagian paling bawah ini kita bisa memasukan 3 kalimat yang menarik, misalnya ada informasi mengenai promo khusus, ingin promosikan sosial media kita. Kita beri contoh misalnya Follow Instagram Skysen Solution dan dapatkan promo menarik. Terima kasih. Setelah notanya sesuai dengan keinginan kita, kita tekan tombol Simpan. Dan kita akan lihat hasilnya di aplikasi.

Kita menuju aplikasi Laris Pos dan login menggunakan ID kita. Pertama-tama kita mesti ke Application Setting terlebih dahulu. Dan klik Printer Setting, Cashier Printer. Pastikan Print Receipt Logo bernilai Yes agar bisa mencetak logo kita. Tekan tombol Simpan.

Kemudian kita mencoba untuk membuat transaksi. Kita cetak Bill. Dan hasil billnya sudah sama dengan yang telah kita setting tadi. Sudah ada gambar logonya. Kalau kita perhatikan disini bahwa printer hanya bisa mencetak gambar hitam putih. Gunakanlah gambar yang tetap bagus walaupun dicetak secara Greyscale. Kita bisa melihat pada bagian atas bill sudah ada nama, alamat, dan nomor WA Skysen Solution seperti yang kita atur tadi. Dan pada bagian bawah sudah ada follow IG @skysensolution untuk mendapatkan promo menarik. Kalimat-kalimat ini bisa kita atur untuk memberikan informasi penting dan menarik kepada customer kita.

Kembali Ke Halaman Tutorial