Transaksi Dine-In Pada Restoran Table Service

Agar bisa menggunakan aplikasi Laris Pos untuk jenis transaksi Dine-In, ada baiknya kita melakukan pengaturan meja terlebih dahulu. Seperti biasa, buka browser kita, dan kita pergi menuju larispos.com. Pilih halaman Sign In, dan kita masuk menggunakan akun kita.

Selanjutnya kita pilih Kelola Toko dan Pengaturan Meja.

Disini kita bisa melihat bahwa sistem secara otomatis telah membuatkan 10 meja untuk kita, dengan nama meja yang berupa angka berurutan dan 1 hingga 10. Kita bisa mengubah nama meja agar lebih cocok dengan kondisi restoran kita, namun perlu diingat bahwa nama meja hanya boleh terdiri dari huruf, angka dan spasi. Jangan menggunakan simbol seperti tanda minus, dan lain-lain.

Apabila jumlah 10 meja ini masih tidak mencukupi untuk restoran kita, maka kita bisa menambahkannya dengan cara menekan tombol Tambah. Disini kita bisa melihat bahwa ada 2 cara untuk menambahkan meja baru. Di bagian atas adalah cara menambahkan banyak meja sekaligus. Kita tinggal mengisikan jumlah meja tambahan yang kita inginkan dan menekan tombol Tambah Banyak Meja. Sistem akan secara otomatis membuatkan meja sebanyak yang kita mau, dengan nama berupa angka 3 digit, yang akan melanjutkan nomor meja terakhir. Misalkan kita tambahkan 5 meja baru. Bisa kita lihat disini bahwa sistem telah membuatkan 5 meja baru, dengan nama 11 hingga 15.

Apabila kita ingin menambahkan meja yang namanya terdiri dari huruf dan angka, maka kita harus menambahkannya satu per satu. Misalnya kita tekan lagi tombol Tambah. Lalu di bagian bawah kita tambahkan meja A16. Lalu tekan tombol Tambah Satu Meja.

Atau bisa juga dengan cara mengubah dari daftar meja ini, misalnya kita tambah huruf A dari nomor 11 sampai 15. Lalu tekan tombol Simpan Meja.

Kita bisa juga membuang nomor meja yang tidak kita inginkan, misalnya kita ingin membuang meja nomor 4. Kita pilih baris meja nomor 4, dan kita tekan tombol merah di sebelah kanan untuk membuangnya. Kita lakukan hal yang sama untuk meja nomor 13 dan 14.

Oke, kita telah melakukan pengaturan meja di Halaman Admin. Selanjutnya kita akan mencoba hasil pengaturan meja ini di aplikasi kasir restoran Laris Pos.

Mencoba Transaksi Dine-In Pada Aplikasi Laris Pos [4:40]

Sekarang kita akan masuk ke aplikasi Laris Pos dengan menggunakan ID kita. Untuk starting cashnya kita skip saja. Bagi yang ingin tahu mengenai starting cash bisa melihat panduan kami yang berjudul “Cara Mendaftar dan Set Up Produk pada Aplikasi Kasir Restoran Laris Pos”. Di video ini kita akan langsung menekan tombol “Start”.

Aplikasi sudah melakukan sinkronisasi dengan server, dan pengaturan meja yang kita lakukan tadi di Halaman Admin telah disinkronisasikan dengan aplikasi.

Sekarang kita coba, misalkan ada tamu yang datang dan memesan makanan di meja nomor 3. Pertama-tama kita tekan dahulu tombol yang bertulisan Dine In. Kemudian kita bisa pilih mejanya menjadi meja nomor 3. Disini kita juga bisa mencatat nama tamu dan jumlah tamunya. Misalkan namanya Budi dan di meja tersebut ada 2 orang. Di bagian notes, kita bisa menambahkan keterangan tambahan apabila dibutuhkan. Lalu kita tekan tombol Save.

Kita bisa melihat bahwa tulisan Dine In sudah ditambahkan dengan Table nomor 3. Kita bisa menambahkan menu-menu yang dipesan ke dalam bill ini. Misalkan kita pesan 2 menu paket dan 2 menu minuman.

Di dalam praktek operasional restoran, biasanya setelah berhasil memasukan menu ke aplikasi, biasanya kasir akan menekan tombol Print dan memilih Print to Kitchen, agar bagian dapur bisa mendapatkan informasi pesanan meja 3. Namun berhubung di tutorial ini kita sedang tidak membahas dapur, maka bagian ini kita skip.

Keunikan dari POS yang mendukung transaksi Table Service ini, kita bisa menyimpan sementara transaksi di meja nomor 3, agar bisa melayani transaksi lainnya. Misalkan kita buat lagi transaksi baru untuk meja nomor 5.

Kita tekan tombol New Bill. Pilih Dine In dan pilih meja. Disini kita bisa lihat bahwa meja nomor 3 sudah ada transaksinya. Kita pilih meja nomor 5. Misalkan jumlah tamunya 4. Tekan tombol Simpan.

Kemudian kita coba pesan 4 menu makanan dan 4 menu minuman.

Dan sekarang kita ulangi lagi prosesnya, misalkan untuk memasukan data 3 tamu di meja A11.

Oke, sekarang kita sudah memiliki 3 bill aktif. Misalkan sekarang tamu di meja 3 sudah selesai makan dan meminta untuk print bill, maka kita bisa memilih kembali bill nomor 3 dengan cara menekan tombol yang bertulisan Active Bill. Disini kita bisa melihat ketiga transaksi yang telah kita masukan barusan. Kita pilih transaksi dengan nomor meja 3. Kemudian tekan tombol Print dan Print Bill.

Setelah bill diberikan kepada pelanggan, pelanggan akan melakukan pembayaran. Misalnya membayar dengan uang kas sebesar Rp. 100.000. Kita masukan data pembayaran di dalam aplikasi, dengan cara menekan tombol Pay. Pilih Rp. 100.000 dan Save. Pembayaran sukses.

Kita bisa lihat bahwa Active Bill hanya tinggal 2, yaitu meja 5 dan meja A11.

Fitur Pindah Meja [8:43]

Sekarang kita akan membahas mengenai fitur pindah meja. Pindah meja adalah hal yang lumayan sering terjadi di operasional restoran. Misalkan pelanggan yang tadinya duduk di meja A11, ternyata mau pindah ke meja nomor A12. Bagaimana cara kita mengubah data di aplikasi?

Caranya mudah saja ya. Kita pilih active bill dengan nomor meja A11. Kemudian kita tekan tombol Dine In. Dan kita ubah mejanya menjadi nomor A12.

Namun perlu diingat bahwa cetakan dapur sudah terlanjur menyebutkan nomor meja A11. Jadi waiter tetap mesti mengetahui bahwa nantinya mesti mengantarkan makanan tersebut bukan ke meja lama A11, melainkan ke meja baru A12.

Fitur Pisah Bill [9:34]

Bagaimana bila ternyata tamu yang duduk di meja A12 tersebut meminta agar bill-nya dibayar oleh masing-masing tamu? Bisa. Aplikasi Laris Pos sudah mendukung fitur pisah bill. Pastikan dahulu bahwa bill yang sedang diakses adalah bill untuk meja A12, bisa kita lihat di dekat tombol Dine In. Kebetulan sudah benar bill ini adalah untuk meja A12.

Kemudian kita tekan tombol Split.

Pertama kita pilih dulu menu apa saja yang mau dipindahkan ke bill baru. Sistem menandakan pilihan kita dengan memberi centangan berwarna hijau di sebelah kanan menu. Kemudian kita bisa menekan tombol > untuk memindahkan ke bill baru. Setelah selesai kita tekan tombol Simpan.

Kita lihat di bagian Active Bill sudah ada bill baru untuk meja nomor A12.

Apabila diperlukan kita bisa ulangi lagi proses Split Bill. Sehingga nilai bill akan dibagi menjadi 3 dan masing-masing tamu bisa membayar bill sendiri.

Sekarang kita lihat untuk meja A12 sudah ada 3 buah bill. Nantinya kita bisa memproses pembayaran untuk masing-masing bill.

Kembali Ke Halaman Tutorial